21 Desember 2015

Mengenal Kuliner Aceh

Blogger Variant - mengenal kuliner Aceh, Aceh dikenal dengan sebutan kota serambi mekah dan juga terkenal dengan yang namanya GAM (Gerakan Aceh Merdeka). Namun kali ini kita tidak akan membahas sejarah Aceh lebih rinci dan mendetail, tapi yang kali ini kita akan bahas adalah "mengenal kuliner Aceh".

Apa diantara kalian pernah berkunjung ke Aceh ?

Jika jawabannya adalah tidak, berarti Anda mungkin masih terdengar asing terhadap ragam kuliner yang ada di kota Aceh ini.

Manisan Pala

 Mengenal Kuliner Aceh

Manisan pala merupakan salah satu jenis makanan khas aceh, dan juga merupakan makanan ringan yang tergolong dalam kelompok manisan buah-buahan. Usaha pembuatan manisan pala tidak memerlukan teknologi yang sulit dan pembuatannya cukup mudah, oleh karena itu usaha ini mudah dilakukan oleh para pengusaha baru.Pembuatan manisan pala umumnya dilakukan oleh pengusaha kecil di daerah penghasil pala. Kabupaten Aceh Selatan adalah kabupaten penghasil komoditi pala terbesar di Aceh bahkan di Pulau Sumatera. Manisan buah pala ini termasuk industri rumah tangga yang banyak dijumpai di Kabupaten Aceh Selatan. Selain diolah menjadi manisan dan sirup, pala dapat dibuat juga menjadi minyak pala yang berkhasiat tinggi untuk mengobati luka. Bahkan kini kue dan kembang gula pun dapat dibuat dari buah pala. sumber:(acehtourismagency)

Bohromrom

Mengenal Kuliner Aceh
Bohromrom atau dikenal juga dengan kue boh duek beudeh, kue ini terbuat dari tepung ketan yang dibalut dengan parutan kelapa. Cara membuatnya sangat mudah. Campurkan tepung ketan, garam dan air panas. Aduk hingga rata. Tuang air dingin, aduk hingga adonan kalis. Ambil satu sendok teh adonan isi dengan bahan isian yakni gula jawa. Bulatkan dan panaskan air bersama daun pandan hingga mendidih. Masukkan adonan, angkat, gulingkan diatas kelapa parut lalu sajikan. sumber:(acehtourismagency)

Kuah Pliek U

Mengenal Kuliner Aceh
Kuah Pliek 'U merupakan makanan khas Aceh yang melambangkan keanekaragaman dan kekerabatan masrarakat Aceh. Kuah Pliek U biasanya disajikan satu kuali berbagai macam rasa. Makanan ini sangat populer di Aceh karena rasanya yang unik dan digemari oleh seluruh masayarakat, bahkan turis asig yang sinnggah di sana. Beragam sayuran dapat ditemukan di Kuah Pliek U ini, sehingga berasa memakan semua jenias sayuran yang ditanam di Aceh. Masakan ini sangat mudah didapatkan, hampir setiap rumah makan di Aceh pasti menyediakan Kuah Pliek 'U. sumber:(bersatulah)

Kuah Sie Itek

Mengenal Kuliner Aceh
Masakan khas Aceh ini memakai itik tau bebek sebagai bahan utamanya. Dimasak dengan resep khas Aceh makanan ini jadi salah satu kuliner paling terkenal di nusantara. sumber:(bersatulah)

Rujak Aceh

Rujak Aceh ini memiliki ciri khas tersendiri yang membuat rasanya berbeda dari rujak pada umumnya. Yang membuat rujak Aceh berbeda adalah buah yang dipakai. Rujak Aceh menggunakan buah rumbia khas Aceh. Buah yang daunnya digunakan untuk membuat atap rumah ini diserut bersama buah-buahan lainnya. sumber:(bersatulah)

Setelah Anda mengenal sebagian dari kuliner yang Ada di Aceh, mungkin Anda tertarik untuk mengenal kuliner yang ada di kota-kota lainnya seperti ;  Medan, Padang, Palembang, Lampung.
Anda dapat membacanya dibawah ini sesuai dengan yang ingin Anda kenal lebih dalam : 
- Mengenal Kuliner Medan
- Mengenal Kuliner Padang
- Mengenal Kuliner Palembang
- Mengenal Kuliner Lampung

Artikel Terkait

Mengenal Kuliner Aceh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email